Pensil dan Kehidupan

Banyak hal kecil padahal luar biasa ... seperti hal nya sebuah pensil ... pensil pun bisa memberikan kita pelajaran .. bisa memberikan arti dan dapat ditiru, dan diambil maknanya. Manusia jadilah mahluk yang peka dengan lingkungan sekeliling, belajarlah dari sesuatu yang kecil untuk menjadi besar. Dan Bersyukur lah karena telah diciptakan menjadi Makhluk yang paling mulia.
Merugilah manusia yang tidak memanfaatkan waktu dalam hidupnya.

Delapan bulan memang belum apa-apa. Tetapi jika diibaratkan menulis buku, delapan bulan itu sudah cukup menjadi sebuah buku. Jika saya menulis menggunakan pensil, mungkin pensil saya sudah tumpul dan kembali harus saya raut agar tajam kembali. Kenapa saya menulis menggunakan pensil, karena pensil memiliki filosofi kehidupan yang pantas kita tiru.

Dari pensil kita bisa belajar kehidupan. Pensil memiliki lima kualitas yang jika kita terapkan dalam kehidupan maka akan menjadi "5 kualitas kehidupan".

Kualitas pertama, pensil mengingatkan kita bahwa kita bisa berbuat hal yang hebat dalam hidup ini. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, kita jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan. Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendak-Nya" .

Kualitas kedua, dalam proses menulis, kita kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali si pensil. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kita, dalam hidup ini kita harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena merekalah yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik.

Kualitas ketiga, pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar.

Kualitas keempat, bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, hendaknya kita selalu hati-hati dan menyadari hal-hal di dalam diri kita.

Kualitas kelima, sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Seperti juga kita, kita harus sadar bahwa apapun yang kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan. (AndrieWongso | CyberMQ.com).

Share/Bookmark

capcusss

Download