Menggunakan Tangan Kanan Untuk Hal yang Baik

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :


 
 
Memberi menggunakan tangan kanan, ketika menerima. makan dan minum juga hendaknya menggunakan tangan kanan. dan menggunakan tangan kanan untuk hal-hal yang baik. 
 
Ketika seseorang makan, minum, memberi atau menerima menggunakan tangan kiri, maka seperti yang digambarkan oleh Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bahwa perbuatan demikian seperti perbuatan yang dilakukan oleh setan.
Menggunakan Tangan Kanan Untuk Hal Baik
Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :
لَا يَأْكُلَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ بِشِمَالِهِ وَلَا يَشْرَبَنَّ بِهَا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِهَا
قَالَ وَكَانَ نَافِعٌ يَزِيدُ فِيهَا وَلَا يَأْخُذُ بِهَا وَلَا يُعْطِي بِهَا

Artinya :
"Janganlah salah seorang dari kalian makan dengan tangan kiri, dan janganlah minum dengannya, sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.

Berkata : Nafi' menambahkan dalam riwayatnya : dan jangan mengambil dengannya dan memberi dengannya." (HR Muslim dan Ahmad)

Dalam hadits diatas sangatlah jelas adab-adab Islami yang diajarkan oleh Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bahwa hal-hal yang baik hendaknya dilakukan menggunakan tangan kanan.

Makan, minum, memberi dan mengambil atau menerima menggunakan tangan kanan, dan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- melarang menggunakan tangan kiri dan memberitakan bahwa itu adalah perbuatan setan, dan meniru perbuatan setan adalah haram. dan tidak ada satu riwayatpun yang mengatakan bahwa beliau pernah makan, minum, memberi atau menerima menggunakan tangan kiri.

Share/Bookmark

capcusss

Download