Kumpulan Doa Sehari-hari


Doa Keluar Rumah

Bismillahi tawakaltu alalloohi walaa hawla walaa quwwata illaa billaahi
Bismillahi tawakaltu alalloohi walaa hawla walaa quwwata illaa billaahi
Artinya:
Dengan nama Allah (aku keluar). Akubertawakkal kepada-Nya, dan tiada daya dan kekuatan kecuali karena pertolongan Allah” (HR. Abu Dawud: 4/325, At-Tirmidzi: 5/490)

****

Doa ketika takut
Allohummakfiniihim bimaa syi'ta
Allohummakfiniihim bimaa syi’ta
Artinya:
Ya Allah, lindungilah aku dari mereka dengan apa-apa yang Engkau kehendaki
(HR. Muslim 4/2300)

***

Doa ucapkan Terimakasih kepada orang yang telah memberikan kebaikan

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا.
Jazakallohu Khoiron
Artinya:
“Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”
HR. At-Tirmidzi: 2035, lihat Shahihul Jami’: 6244, Shahih At-Tirmidzi: 2/200.
Catatan:
  • Jazakallohu Khoiron (untuk laki-laki)
  • Jazakillahu Khoiron (untuk perempuan)
  • Jazakumullallahu Khoiron (untukjamak)

****

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu”

Artinya:
“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya” (HR. Muslim: 1/209)

****

Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “tidak ada seorangpun yang tertimpa suatu musibah, kemudian ia mengucapkan :

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اَللَّهُمَّ أُجُرْنِيْ فِيْ مُصِيْبَتِيْ وَأَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا
Innaa lillahi wa innaa ilaihi raji’uun Allohumma’jurnii fi mushiibati wa akhlif li khoiron minha
Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami akan kembali (di hari Kiamat). Ya Allah! Berilah pahala kepadaku dan gantilah untukku dengan yang lebih baik (dari musibahku)

kecuali Allah Ta’ala akan memberinya pahala dari musibah tersebut dan memberinya pengganti dengan yang lebih baik daripada musibah itu. [HR. Muslim]


****

Doa Masuk WC:

اَللّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَالْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
Allahumma innii a’udzu bika minal khubutshi wal khabaa’its

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki – laki dan setan perempuan


*****

Doa Keluar dari WC:


غُفْرَانَكَ
Ghufronak
Artinya:
“Aku minta ampun kepadaMu’ 


*****

Doa Sebelum Tidur:

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

bismikallahumma ahya wa amutu
Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati


******

Doa Bangun Tidur:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit.
Share/Bookmark

capcusss

Download